Artikel Kecil hamba Allah swt

Ilmu semakin digali semakin dalam pemahaman anda

Jumat, 11 Desember 2009

Kumpulan Hadits ke- Tujuh

1. Hadits tentang Berobat dengan Al Qur’an
Terjemah,
“ Sesungguhnya al Qur’an itu adalah tali Allah (antara Allah dan Hamba Nya) dan cahaya yang terang dan obat yang bermanfat.” (HR. Al Hakim dari Ibnu Abas)
2. Hadits tentang Penghuni neraka karena menafsirkan Al Qur’an tanpa pengetahuan
Terjemah,
“ Seseorang yang menafsifkan tanpa pengetahuan (dalil dam dasar penafsiran Al Qur’an) maka bersiap-siap menduduki api neraka”. (HR. Abu Dawud)
3. Hadits tentang Syariat membersihkan najis dari anjing
Terjemah
“ Apabila anjng menjilati bejana salah seorang diantara kamu, maka cucilah bejana itu tujuh kali, salah satu diantaranya disertai dengan debu”. (HR. Bukhari)
4. Hadits tentang Syariat menggunakan bejana Emas dan Perak
Terjemah,
“ Sesungguhnya orang yang makan dan minum dengan bejan emas dan perak, maka sesungguhnya api neraka jahanam akan gemuruh didalam perutnya”. (HR. Muslim)
5. Hadits tentang Anjuran Menikah
Terjemah,
“ Apabila dating kepadamu oarang yang akhlak dan agamanya merindukanmu (dengan maksud melamar), maka nikahkanlah ia. Jika tidak kamu lakukan, maka akan terjadi fitnah dimuka bumi dan kerusakan yang besar”. (HR. Turmudzi)
6. Hadits tentang Mengurus Jenazah dan pahalanya
Terjemah,
“ Sesungguhnya Nabi saw bersabda ;” Barangsiapa yang ikut mengantarkan jenazah dan ikut menshalatinya, maka dia mendapat pahala satu qirat. Dan barangsiapa yang ikut mengantarkannya sampai selesai (pemakaman), maka dia akan mendapat dua qirat. Sekecil-kecilnya salah satu dari kedua qirat itu adalah seperti gunung Uhud”. (HR. Jamaah)
7. Hadits tentang Syafaat pada jenazah
Terjemah,
“Rasulullah saw, bersabda ;’Tidaklah seorang muslim meniggal dunia dan orang yang ikut menshalati jenazahnya mencapai 40 orang sedangkan dia tidak menyekutukan Allah, maka Allah akan memberikan syafaat padanya”. (HR. Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)
8. Hadits tentang Anjuran bershadaqoh dengan kerabat
Terjenah,
“ Nabi saw, bersabda ; ‘Bersedekah kepada kaum muslimin (selain kerabat) adalah merupakan sedekah (saja). Sedangkan sedekah kepada kerabat mendapatkan dua (kebaikan) yaitu ; menyambung hubungan kefamilian dan bersedekah”. (HR. Ahmad dan Nasai)
9. Hadits tentang Niat Puasa
Terjemah,
“Rasulullah saw, bersabda ; ‘ Barabang siapa yang tidak niat puasa sebelum fajar, maka ia tidak ada puasa baginya”. (HR. Ahmad dan Ashabus Sunan)
10. Hadits tentang Puasa untuk simayit
Terjemah,
“ Sesungguhnya Nabi saw, bersabda ; ‘Barang siapa yang mati dan dia mempunyai utang puasa, maka wali mayat berpuasa untuknya”. (HR. Ahmad dan Saikhan)
Daftar Pustaka
1. Muhammad Basalamah Soleh H.1997, Pengantar Ilmu Al Qur’an. Semarang: Dina Utama Semarang ( DIMAS )
2. Murad Hasan, Syekh. 1422 H/2002 M. Masalah Masalah Aktual, judul asli Fatawaa wat Taujiihaat. Surabaya: Al Miftah

Tidak ada komentar: